Nasional

Kejurnas Layar Meriahkan Festival Derawan

Natal Parlindungan S | Kamis, 22 November 2012 - 10:07:13 WIB | dibaca: 855 pembaca

Rangkaian kegiatan Festival Derawan 2013 dilanjutkan dengan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Layar. Kegiatan itu dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Batu, Kabupaten Berau, Senin (16/9) kemarin. Event ini diikuti 48 atlet dari klub layar dan Pengcab Porlasi dari 10 provinsi.  

Panitia Kejurnas memperlombakan lima kelas Layar terdiri dari Optimist A yang diikuti 18 atlet, Optimist B (11 atlet), Laser Radial atau Standar (10 atlet), RS One (4 atlet) dan Techno (5 atlet). Kaltim  sebagai tuan rumah menurunkan atlet Layar andalannya yaitu Rizky dan Arlisa yang turun di kelas Optimist A.  "Kejurnas ini yang kedua setelah pertama diadakan di Pantai Mutiara, Jakarta, Juni 2013," terang Mashdar Bursa, salah satu panitia Kejurnas.

"Fasilitas di Tanjung Batu lengkap, terutama perahu layar di sini ada sekitar 20 buah dan disewakan. Untuk fasilitas papan selancar dan layang-layang, para peserta terutama dari luar membawa peralatan sendiri," jelas pengurus Binpres Porlasi Berau tersebut. Dia menambahkan layar jadi magnet buat menarik perhatian penonton di Festival Derawan. Selain seru, olahraga ini harus didukung cuaca yang baik karena mengandalkan kecepatan angin.

Dari pantuan Kaltim Post, rute layar berjarak sekitar 40 meter dari dermaga Tanjung Batu.Untuk diketahui, rute Layar ini menempuh jarak sekitar tiga kilometer dan harus diselesaikan peserta untuk mencari poin terbanyak. Setiap poin spot, panitia menempatkan tiga orang sebagai pencatat yang berada di atas speedboat. Dalam sehari panitia kejurnas menghelat empat  kali pertandingan. Final akan digelar Rabu (18/9) mendatang. (Sumber:Kaltimpost)

 

 

 

Sumber Berita: www.disbudpar.kaltimprov.go.id

http://disbudpar.kaltimprov.go.id/berita-10-provinsi-bersaing.html#ixzz3AIXcggEn